Pilih Mana?

Perkembangan Teknologi yang sangat pesat 5 – 10 tahun terakhir menyebabkan belajar teknologi menjadi tidak mudah seperti dulu. Salah satu yang membuatnya tak mudah adalah banyaknya pilihan.

Dulu pilihan populer untuk belajar web hanya PHP – MySQL – HTML, CSS, JQuery.  Orang belajar itu aja sudah bisa menjadi web developer mumpuni.

Namun sekarang lain. ada banyak teknologi yang popularitasnya mirip-mirip.

Di Backend selain PHP ada NodeJS, Python, Golang, Rust.

Bahkan di Javascript saja,  kalau dulu hanya ada jQuery sekarang ada banyak framework turunan JS seperti Reach, Vue, Next, Nest dan banyak lagi …

Intinya saya juga lama macet gara-gara pemilihan bahasa dan framework. Jangan sampai kita capek-capek belajar akhirnya tidak banyak dipakai.

Seperti misalnya, ketika saya belajar Python – Flsk dengan harapan bisa memanfaatkan fitur datascience yg ada di Python untuk diumpankan di PHP/JS. Tapi saya fikir kalau tidak ada projectnya buat apa,  toh kalau tiga sampai lima bulan tidak kita pakai toh lupa juga …

BTW, mungkin saya ingin menguasai 2 aja dulu.

  • PHP dengan Laeavel 11
  • Node dengan ExpressJS

Kayaknya dua itu cukup untuk sekadar mengerjakan project kecil. Kalau nanti pengin project frontend mungkin nanti Vue atau Nextjs.

Demikian omon-omon gak jelas kita hari ini. Mudah-mudahan kita diberi Allah banyak rezeki. Amiin.