Data Analisis antara Python dan PHP

Akhir-akhir ini saya memang belajar tentang Data Analisis agak banyak. Karena dari berbagai teknologi yang saya pelajari, untuk saat ini bidang inilah yang mempunyai pasar dan lagi trending.

Dimulai dari data, sampai bagaimana menyajikan data dalam grafik, sehingga bisa dibaca dengan mudah.

Terakhir Python muncul dengan membawa berbagai library yang memudahkan data analis membuat analisa data sampai tahap visualisasi.

Untuk data dengan jumlah besar, dan analisis yang komplek, maka ini adalah solusi. Namun untuk aplikasi analisi data dengan interface, bagi saya yang basisnya programmer PHP, masih akan mengandalkan PHP – HighChart.  PHP adalah Web Scipting yang sudah matang, dan HighChart bisa diandalkan untuk data visualization.

PHP-Statistik

Kjta perlu library statistik untuk mengolah data. Dan nampaknya Project Al-Kashi, sebuah project  PHP-Statistik cukup bisa diandalkan. Nama Al-Kashi dimbil dari Amshid Al-Kashi, Ilmuan Besar Islam Bidang Matematika dan Astronomi.

Kamu juga bisa melihat project ini di GitHub dan PHP Classes

PHP-HighChart

HightChart adalah library javascript untuk visualisasi data. Dan agak repot juga jika kita melakukan manipulasi data langsung emlalui HighChart. Tadi saya berencara membuat library PHP untuk membungkus HighChart agar bisa di atur-atur menggunakan PHP. Tapi untunglah lagi-lagi ada orang baik yang sudah mengerjakannya.

PHP HighChart bisa kamu akses disini. Atau temukan Githubnya disini. Termasuk contoh kodenya disini.

PHP DataFrame (update 2024-01-07)

Menemukan  library Archon: PHP Data Analysis Library  untuk menangani analisis data berbasis CSV maupun XLSX, maupun database. Mirip-mirip Pandas di Pythonlah. Silahkan mengunjungi situs githubnya disini

Habis ini nampaknya harus dibuat aplikasi kecil sebagai basis aplikasi selanjutnya 🙂