Single Page Application

Di era digital yang terus berkembang, pengguna internet mengharapkan pengalaman yang cepat, responsif, dan mulus saat mengakses aplikasi web. Salah satu inovasi signifikan yang memenuhi harapan ini adalah Single Page Application (SPA).

Single Page Application (SPA) adalah jenis aplikasi web yang berfungsi sebagai satu halaman HTML dinamis. Saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi, SPA secara cerdas memperbarui konten di dalam halaman itu sendiri, tanpa perlu memuat ulang seluruh halaman dari server. Teknologi ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar, mirip dengan aplikasi desktop.

Bagaimana SPA Bekerja?

SPA memanfaatkan JavaScript dan berbagai framework atau library seperti React, Angular, atau Vue.js untuk mengelola dan merender konten halaman secara dinamis. Saat pengguna pertama kali mengakses aplikasi, server mengirim satu halaman HTML yang mencakup skrip JavaScript. Selanjutnya, semua interaksi pengguna diproses melalui API atau Ajax, yang memungkinkan pengambilan data secara asinkron dari server. Dengan cara ini, hanya bagian yang diperlukan dari halaman yang diperbarui, bukan seluruh halaman.

Contoh aplikasi yang menggunakan SPA adalam SQLiteViz dan yang paling tidak saya duga adalah VSCode.

Untuk dua aplikasi yang saya sebutkan diatas benar-benar hanya kita load saat pertama diakses dan hanya bertinteraksi dengan komputer kita.

Walaupun tidak selengkap aplikasi versi installer, namun VSCode versi SPA ini sudah sangat luar biasa.

Dengan menekan icon computer pada pojok address bar. artinya kita sudah menyimpan vscode SPA di kompiter kita. Biasanya akan muncul sortcut pada desktop kita.

Okey selamat bersenang-senang ………