ARM Server Nggak Panel-Panelan

Saya mengelola arm server (server-serveran) dan server utama saya menggunakan prosesor arm. Mayoritas server menggunakan prosesor intel sehingga mayoritas aplikasi dicompile dalam arsitektur intel.

Lebih baik mana arm dan intel? Saya tak ingin membandingkannya. Saya menggunakan arm karena murah dan hemat energi. Dan server yang saya gunakan hanya server rumahan saja.

Nah, saya pernah mencoba melakukan instalasi aaPanel di server arm. Berjalan dengan baik walaupun instalasinya harus dengan cara compile satu-satu. Tapi kemarin waktu saya upgrade dari versi 6 ke 7 terjadi crash, yang saya capek memperbaikinya dan akhirnya saya hapusssss….

Lalu saya ingin mencoba menggunakan panel lain, cyber panel, Mmm ternyata nggak sesederhana itu. Ubuntu arm 21 tidak disupport dan ada informasi cyberpanel versi arm tidak akan dilanjutkan.

Akhirnya, gunakan cara manual saja. Tapi, memang menggunakan cara manual itu walaupun hemat resources, namun capekkk. Saran saya jika ingin lebih enak, gunakan docker aja.

Saya sudah mencoba menggunakan CasaOS untuk mengelola file docker saya, dan hasilnya mantabbb!