Cara Belajar Terbaik dari yang Terbaik

Cara belajar terbaik adalah mencoba. Tapi ada yang lebih terbaik, menerima tantangan.  Tantangan yang dimaksud adalah menerima project. Dengan menerima tantangan artinya kita siyap belajar sesuatu sampai level production. Sampai level bisa digunakan dengan baik.

Mengapa dulu saya bisa database, bahasa PHP, ngerti Linux? Karena kita mengerjakan tantangan sampai pasa level digunakan.

Disisi lain, saya pernah belajar VueJs, Laravel, namun tidak pernah sampai professional karena hanya sampai pada level mencoba belum masuk mengerjakan project. Sehingga habis botcamp lupa lagi.

Ingat, ilmu yang kita kuasai adalah ilmu yang kita gunakan sehari-hari.

Namun yang harus diingat adalah bahwa ketika menerima tantangan jangan sampai bahwa kita berangkat dari tidak bisa apa-apa, ataui belum kenal dengan apa yang akan kita kerjakan, ya setidaknya pernah incilp-inciplah.

Saya pernah incip-incip LimeSurvey, namun tidak pernah membuat formulir untuk tujuan professional. Atas izin Allah, tiba-tiba ada seseorang yang meminta saya membuatkan formulir survey.  Saya Ok saja, karena saya membutuhkan uang untuk biaya hidup. Ternyata banyak pengalaman baru ketika saya membuat formulir survey itu. Learning by doang. Setiap persoalan yang ditemulkan adalah pelajaran daging.

Setelah ini selesai, ada tantangan baru lainnya, Apa itu?