Brave Browser di Armbian

Saya menyukai Chrome karena kesederhanaannya. Namun karena saat ini GChrome tidak bisa digunakan di sembarang sistem operasi, akhirnya saya mencari-cari alternatif yang paling OK.

Chrome memang meninggalkan Windows 97, dan termasuk tidak mendukung Linux Arm. Diberbagai forum kita disarankan menggunakn Chromium, browser yang merupakan basis dari berbagai browser seperti Google Chrome, MS Edge, Opera, bahkan Brave sendiri.

Terakhir saya menggunakan Chromium yang saya anggap mendekati Google Chrome. Namun karena bisa dikatakan “penanggung jawab akhir” nya tidak ada, Chromium terasa terlalu dasar. Bahkan kalau tidak dikustomisasi, tampilannya di Linux juga tidak asik.

Brave ini lain. Dia mempunyai pengembang untuk membuat web browser sebagaimana GChrome, Opera dan lainnya, sehingga segala sesuatunya dibuat sebaik-baiknya. Dari tampilan sampai fungsi-fungsinya, tidak kalah dengan GChrome.

Kali ini saya menginstall di armbian melaluiĀ  paket manager snapcraft. Jika kita sudah pernah menginstall snapcraft kita tinggal mengetik perintah.

sudo snap install brave

Halo Dunia, saya menggunakan Brave !!!