Mengirim Email via SMTP GMail

Saya ada kebutuhan untuk mengirim email ke beberapa orang. Keputusan saya adalah berlangganan mail marketing dengan fasilitas salah satunya SMTP Server.

Namun dalam perkembangannya, menggunakan SMTP Server langganan saya itu, emailnya sering masuk folder SPAM. Tentu sangat tidak bagus kan.

Iseng-iseng saya mencari cara bagaimana agar bisa memanfaatkan SMTP GMail untuk mengirim email, dari sebuah aplikasiĀ  yang saya jalankan. Setelah saya cari-cari caranya, bisa. Dan dalam percobaan saya, tidak masuk SPAM. Google gitu loh šŸ™‚

Artikel ini saya buat pada tanggal diterbitkan, sehingga suatu hariĀ  nanti belum tentu cara ini valid. Sebagaimana setahun lalu caranya juga tidak seperti ini.

Pertama kamu harus masuk ke Manage your Google Account

Kedua masuk ke menu security

Ketiga daftarkan ke 2 Step Verification jika email kamu belum menggunakan sistem keamanan 2 Step Verification

Keempat masuklah ke 2 Step Verification

Kelima masuklah ke bagian yang paling bawah, app password.

Lalu buatkan password untuk aplikasi yang kamu inginkan. Misalnya untuk kasus saya app aya pilih other dan device saya pilih other

Lalu kamu akan dibuatkan password oleh Google. Tujuan dibuatkannya password adalah agar kamu bisa menggunakan username email kamu dengan password yang tidak sama dengan password email kamu.

Setting SMTP

Untuk mengetahui apakah setting kamu sudah benar dan berjalan atau belum, kamu bisa mencobanya di situs https://www.gmass.co/smtp-test#

Bila sudah berjalan dengan baik, berarti setting dari sisi google sudah berhasil.

Kabarnya untuk Gmail gratisan bisa mengirim sampai 500 email per hari, dan untuk yang berbayar bisa sampai 2000 email perhari. Lumayan.

Catatan :Ā Ingat ya bro, untuk SSL menggunakan port 465, dan untuk TLS menggunakan port 587.